Kelakuan Budak Leutik Jaman Sekarang.... ck ck ck...


Jaman sekarang makin sulit aja menemukan anak-anak yang baik dan sopan sama orang tua, dari segi bahasa maupun tingkah laku. Mungkin waktu kecil saya juga pernah ga sopan sama orang tua. Tapi, anak kecil sekarang tuh lebih parah. Yea.. Walaupun ga semua anak kecil kaya gitu, tapi apa yang Saya alami sedikit membuktikan ...

Contoh 1
Waktu itu saya lagi dalam perjalanan pulang dari sekolah. Lalu, pas di jalan di dalam komplek, saya ketemu sama anak-anak kecil 10 tahun-an yang lagi main-main geje (ga jelas) di tengah jalan. karena mereka itu pada menghalangi jalan dan Saya mencoba untuk ramah sama mereka, maka Saya ucapkanlah kata keramat yang menurut Saya paling sopan ketika melintas didepan orang, yaitu.."Punten, ade..." dan Saya pasang senyum manis buat mereka. Tapi apa balasan mereka buat Saya? Dengan kejam mereka menjawab, "Punten we olangan..!" (punten aja sendiri..!). Gila tu bocah-bocah.

Contoh 2
Saya baru pulang dari Sayati (pasar dekat rumah) pake motor. Pas udah dekat-dekat rumah gitu, Saya melewati anak-anak 6 tahunan yang lagi pada main-main bola geje (bukan main bola, tapi main-main geje pake bola) di tengah jalan. Ya udah, karena mereka manghalangi jalan, Saya klaksonin aja (apa Saya harus bilang punten lagi? ga ah..untuk apa ada klakson..). Thanx God mereka pada menyingkir ke pinggir jalan. Tapi, kelakuan mereka ga sampai disitu aja. Ga lama setelah mereka menyingkir, salah satu anak yang lagi memegang bola menatap Saya tajam, and...tiba-tiba..BUUKK..!! Dia melempar bolanya tepat ke muka Saya.. Gila sakit banget..! Untung aja motor yang sempet oleng itu ga membuat Saya jatuh. Berani banget gila tu anak.

Contoh 3
Sore itu Saya mau ke warnet. Untuk ke warnet itu, Saya harus melewati sebuah gang. Nah..di mulut gang itu, ada anak-anak kelas 5 SD-an yang lagi pada mejeng-mejeng gitu. Pas Saya melewati mereka, eh..satu anak nyeletuk, "Neng rek kamana, Neng?" (neng mau kemana neng?). Waduhh..ni anak... Lalu temannya yang lain menambahkan. "Neng, menta nomor hapena atuh.." (neng minta no. hp-nya dong..). Masya ALLAH...God save me please.. Anak kelas 5 SD? Minta no. handphone gue..? Hahaha..sebenernya saat itu Saya pengen ketawa banget dengernya. Tapi, saya harus jaga wibawa... HoHo..
But, contoh-contoh tadi cuma sebagian kecil dari sekian banyak kelakuan anak-anak kecil yang rada nyeleneh. Tapi apa yang Saya saksikan baru-baru ini lebih mencengangkan...!

Pagi itu, Saya menemani mama ke rumah temannya. Sebut saja namanya Bu Iroh. Bu Iroh ini punya 3 anak yang semuanya cowok. Waktu Saya dengan mama kesana, cuma ada anak bungsunya yang masih kelas 2 SD. Ceritanya Bu Iroh menyuruh anaknya untuk sekolah. Si anaknya tuh ogah-ogahan gitu.
Di suruh mandi dulu nih oleh nyokapnya. "Dede, mandi dulu atuh..Kan bentar lagi ke sekolah."
Terus kata anaknya, "Embung, ah embung sakola.." (ga mau ah..ga mau sekolah..).
So far, masih normal ya, tu anak. Udah gitu, Bu Iroh terus aja maksa anaknya buat mandi. Jiaggh..Si anak juga keukeuh ga mau. Berdebatlah mereka.. Ibunya selalu ngomong dengan baik, eh..anaknya selalu menjawab dengan embel-embelan 'siah'. Dan, dalam Bahasa Sunda, kata itu ga sopan sama sekali. Apalagi untuk dipakai berbicara denngan orang tua.
Akhirnya, setelah ribut-ribut gitu, mama Saya menengahi, "Udah, ga usah disuruh mandi. Cuci muka aja." Akhirnya si anak nurut.

Lalu, sama ibunya disuruh makan, "Dede makan dulu ya?"
Eh, ni anak bandel lagi, "Embung siah, aing mah embung dahar..!" (ga mau ah, saya ga mau makan..!)
Gosh..Saya aja yang hanya menjadi pendengar berasa gimana..gitu denger omongan anak itu, apalagi Bu Iroh, yang jadi ibunya.
"Eh...Dede harus makan...nanti di sekolah lapar lho... ", nyokap yang begitu sayang kepada anaknya.
"Embung ah, dek langsung indit aing mah..! Mana duit?!" (ga mau ah..saya mau langsung pergi ajah..! mana duit?!).
Jahh..ni anak gila apa ya? Tadi ngambek-ngambek geje, sekarang tiba-tiba minta duit?! Masya ALLAH...(geleng-geleng). Kalau Saya jadi Bu Iroh, ugh...udah dilempar kulkas juga deh, ni anak..
Eh, ternyata sang ibu akhirnya ga sabar juga, apalagi udah dihardik sedemikian rupa gitu.. "Eh..ai maneh...! Nya geus tuh indit kaditu siah..! Yeuh bekelna!" (eh..dasar kamu..! ya udah, pergi sana..! nih bekalnya!)

Lalu si bocah dudul itu membuka pintu, and guess what he said.... "Salamualaikum, anj**ng..".
Jeng-Jeng.... Kata-kata yang dia ucapkan dengan datar itu bikin Saya dan mama Saya mengo..Nyokapnya sendiri dibilang 'an......' tiiiiit...(sensor)..
Terus kita berdua tambah mengo lagi waktu mendengar jawaban tiis Bu Iroh, "Walaikum salam, gob**g..."

Haa.... I was really really shocked sama ibu-anak ekstrim ini. Ada yah, anak kecil segede pelok (biji mangga) yang bisa begitu sama orang tuanya. Kata mama sih, anaknya Bu Iroh jadi begitu karena salah pergaulan gitu, mainnya dengan anak gede mulu.. Bu Irohnya mah kagak pernah ngajarin yang begituan smam anaknya.
Hmm... Ini jadi pelajaran buat Saya kalau punya anak kelak, and of course, sebagai calon guru, Saya harus bisa mendidik murid-murid Saya nanti agar menjadi anak-anak yang baik dan sopan sama orang tuanya dan orang lain disekitarnya.
Hallaahh... Benar-benar tugas yang gokil dan pastinya sulit buat Saya... Huufft..

Post a Comment

0 Comments