Me at Sekolah (Swasta) Formal

Disclaimer:
* Bukan mau menjatuhkan status suatu  sekolah, cuma curhat
* Katanya NO PIC = HOAX. Lebih rela dibilang hoax ya daripada harus posting foto anak-anak didik saya plus lokasi sekolah hehe.

Bulan-bulan awal saya jadi S.Pd (walau belom diwisuda) saya habiskan buat jadi substitute teacher di salah satu SMP milik yayasan yang jaringannya se-Jawa Barat. Orang-orang sih liatnya waaaww~ Udah diangkat Bu? Diangkat ape? Jemuran keleusss.... Oke mungkin yayasan ini gede banget yah, sampe seragam batik anak-anaknya juga udah pasti familiar banget. Tapi dari sekian banyak sekolah SD sampek SMA-SMK yang diasuh yayasan itu, gak semua sekolah bernasib baik. Contohnya yang saya tempatin sekarang ini. Letaknya di belakang pasar dan TPA. Masuk gang sempit dan kurang bagus lingkungannya buat mendirikan sekolah. Fasilitasnya pun kurang, ga se'wah' beberapa sekolah lain yang dinaungi oleh yayasan yang sama. Padahal yayasannya sama lho... tapi kok yang ini (dan mungkin ada beberapa yang lain juga) nasibnya begini yaa? Hm.. Kalo dianalisis sih., faktornya banyak, bahkan dari dalam sekolah sendiri. Tapi saya gak akan omongin disini. Gak etis katanya. Padahal, anak-anak disini lumayan berpotensi, kalau saja treatmentnya baik. Sekarang bayangkan, satu kelas aja ada yang sampe 50an orang, dengan kondisi kelas yang super sempit. Saya udah usul kalo posisi duduk anak bagusnya U-shape aja  biar blasss lega gitu. Eh tapi semua guru kompakan "Ah hararese" Hese da can dicobaan. Gue coba sekali, berhasil, pertemuan selanjutnya kursi anak-anak udah biasa lagi, saya minta jadi U-shape lagi mereka jadi ogah karena, "Nanti teh pas pelajaran lain disuruh diberesin lagi. Jadi lama, Miss" Hah... ya udah si gue pasrah.

Judulnya sih saya ini subsitute teacher karena si Acil (yang nawarin kerjaan ini) juga bilangnya "guru pengganti". Tapi yang jadi masalah adalah~ Guru aslinya ngilang entah kemana (-_-"). Padahal at that time I did really need talking to him. Yaaa minimal udah sampe mana belajarnya. Walaupun udah masuk semester baru tapi kan saya mau tau anak-anaknya gimana,  silabusnya kayak apa, RPP-nya jugaa (ya kali gue ga usah bikin RPP lagi gitu hahaha). Tapi sekolah lost contact katanya sama dia. Lah iki piye tho? Nanti saya gantiin sampek kapan? haduh.. *ketawa miris.* Pas saya tanya begitu sama wakasek, dia jawab, "Yaaa untuk sementara ini sama Bu Diana dulu, nanti semester depan kalo anak-anak betah, Ibu terusin ajaa. Tapi kalo ngajar di sekolah mah yaa gitu, pengabdiannya harus besar." O ow... anak-anak  mungkin betah, yaaa selama ini Alhamdulillah belum ada yang kapok diajarin Bahasa Inggris sama Miss Diana, tapi gue-nya ini?? Betah kagak yaaaa? Apalagi denger kalimat si bapa wakasek yang terakhir: Pengabdian. Okelah mungkin ini adalah pelajaran dari Tuhan karena selama kuliah saya gak pernah sekalipun ikutan P2M kkk~~ Well, fasilitas sekolah terbatas (bahkan untuk pinjem infokus sekalipun), dan anak-anak yang "luar biasa." Yap kebanyakan dari mereka tinggal di gang-gang sekitar sekolah, yang agak kumuh dan lingkungan sosialnya kurang bagus. Kalo ada remaja-remaja muda jaman sekarang bilang "anak acara" yang setelannya hitam-hitam tulisan punk dsb, rambut warna warni. Ya, some of them adalah murid saya, walaupun rambut warna warninya pas sekolah libur doang atau pas mereka lagi nongkrong diluar. Tapi memang ada beberapa juga yang prestasinya baik, atau yang berasal dari keluarga menengah yang terpaksa sekolah disitu karena jarak yang dekat dan biaya yang terjangkau, atau yang kejeblos karena gak keterima di sekolah negeri. Jadi yaaaa susah-susah gampang buat menjinakkan mereka.

Oh ya, balik lagi ke guru yang ilang tadi. Hmmm.. ga ngerti saya juga, TAPI pas disebutin nama guru tersebut sama wakasek yang saya temuin pas apply kesini, saya kok kayaknya familiar yah sama namanya hahaha. Pas ngobrol sama guru-guru disini, ada yang bilang dia satu kampus (bahkan satu prodi) sama saya, "Itu lho, si ****. Seangkatan da sama sayah." Kata satu guru, which is dia angkatan sekian (ga akan gue sebut hihi). Dan oooooh iya saya ingat, dia angkatan atas yang pernah nebeng ambil mata kuliah di kelas saya. Si etaaaa... saya sekarang inget wajahnya. Wahhhh harus gue cari! Batin saya saat itu. Tapi denger cerita dari yang lain, dia sakit keras katanya, trus balik kampung di luar kota. Dang! Berarti saya ditipu. Kalo ini mah namanya bukan guru pengganti. Ya guru ajah! Tapi ya karena sudah terlanjur ngajar setengah semester disini, mau gak mau ya saya terusin. Kasian anak-anaknya juga kalo saya tiba-tiba keluar. Karena ada banyak yang masih bergantung sama saya, bahkan minta les tambahan. Walaupun saya tolak secara halus. Dan ngeliat kondisi keluarga siswa yang rata-rata menengah kebawah kayak gitu, saya sebenarnya mau-mau aja ngasih les gratis padahal, tapi sekolah tidak mengijinkan. Katanya gak boleh dapet penghasilan tambahan dari situ, nanti sama kayak kita jual buku. Meehhh... padahal kan gue senang hati les-in gratis. Kan demi murid mereka sendiri. Kalo siswanya pada pinter-pinter, yang bangga siape? Sekolah juga kan??

Back to the topic, detik ini berarti tepat 4 bulan saya ngajar disini, means sekitar 1.5 bulan lagi tahun ajaran berakhir. I don't think I can make it longer here. Sempet galau juga pertama karena alasan-alasan yang saya sebutin diatas, kedua karena pimpinan-pimpinan yang nampaknya kurang memperhatikan perkembangan akademik siswa dan karir guru. Trus kenapa lo malah keluar Day, bukannya berjuang?? Lah yaa kalo saya sendiri yang berjuang mah lawan dedengkot-dedengkot sana sama aja dengan sia-sia. Kalah sebelum bertanding sih emang.

Gak tega juga sama anak-anaknya yang udah mulai "Nah, ini baru belajar Bahasa Inggris, Miss" Gue jadi kepikiran emang mereka belajar apa selama ini sama guru Bahasa Inggrisnya? (-_-")
Tapi yes, I do really need to pursue my will, ngajar sih tapi tidak di sekolah formal dengan sejuta kewajiban administratif pembelajaran dan data siswa featuring kurikulum2013 yang sangat-sangat huft banget.

Semoga keputusan yang saya ambil nanti jadi keputusan yang paling baik, huhuhu... T_T *aminin dong~

Post a Comment

0 Comments